Saturday, May 11, 2013

Tips Mendapatkan Tubuh Sehat dan Ideal

Ditulis Oleh Sonia Naghi Jam 9:59 PM

   Halo teman-teman ^^ Biasanya kalo kalian
punya waktu luang kalian mengisi dengan kegiatan apa? Nah kalian tau kan kalau kesehatan itu penting. Sebenarnya kesehatan itu bukan hanya dari asupan makanan saja loh, namun ada juga dari aktivitas misalnya olahraga. Apa kamu ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal? Tapi kamu bukan atlit yang banyak memiliki waktu luang untuk olahraganya? Dan kenaikan berat badanmu tidak bisa dikontrol? Atau kamu terlalu kurus dan ingin membentuk otot-ototmu? Wah sepertinya aku terlalu kepo yaa :D Nah, coba saja lakukan beberapa latihan fisik ringan GRATIS yang bisa kalian lalkukan di rumah saat ada waktu luang :)

 
  1. Stretching
Awali latihan fisik ini dengan pemanasan dulu yaa supaya tidak kram. Pemanasannya yang sederhana saja kok ^^

  1. Lari/Jogging
Setelah stretching, kita bisa berlari cukup 10-20 menit saja. Kalau gak kuat lari cepat yaa jogging aja lah :D Kita bisa memanfaatkan treadmill di rumah. Jika tidak punya treadmill, lingkungan perkomplekan juga bisa kok J Nah, kalau maunya lari sambil naik turun tangga sebenarnya agak berbahaya.  Tapi otot betis pun menjadi keras loh xD So, hati-hati yaa kalau mau lari sambil naik turun tangga.

  1. Skipping
Setelah berlari mengapa tidak minum air dulu? Tapi jangan kebanyakan minum yaa :D. Nah setelah itu ambilah tali skipping dan mulailah berlompat ria. Bermain tali skipping memiliki banyak manfaat mulai dari membakar banyak kalori, menambah tinggi badan dan memperkuat otot kaki. Dalam sehari minimal bermain skipping 100 lompatan. Tapi kalau bisa lebih ya sangat disarankan banget :D Jadi, jangan biarkan tali skippingmu menganggur di rumah yaa ^^

  1. Jalan Bebek
Loh kok malah jalan bebek? Emangnya mau jadi bebek atau dihukum ya? Nah sebelum mulai jalan bebek luruskanlah kaki dulu selama 5 menit setelah bermain skipping. Setelah itu mulailah jalan bebek bolak balik garasi atau apalah bagian dari rumahmu yang memiliki area agak luas. Cukup dengan waktu 5 menit saja untuk jalan bebek. Manfaat dari jalan bebek adalah memperkuat otot paha dan membentuk kaki. Jadi kalo dihukum disuruh jalan bebek jangan nolak yaa :D

  1. Sit up, Push up, dan Back up
Sit up ini fungsinya untuk membentuk otot perut dan pangkal paha. Push up untuk memperkuat otot lengan dan dada. Sedangkan Back up untuk memperkuat piggang. Sebenarnya untuk melakukan kegiatan tersebut tak perlu dihitung sampai lima puluh lah, seratus lah. Kalau bisa gak perlu dihitung dan lakukanlah sekuat yang kamu bisa J Ingat, kerja keras memiliki hasil yang optimal :D *entah dapet kata2 darimana ==” * 

  1. Pendinginan
Setelah melakukan semua kegiatan diatas, disarankan untuk pendinginan supaya tidak kram. Arti dari pendinginan bukan berarti masuk ke dalam kulkas atau berendam ke dalam air es. Sebenarnya pendinginan ini melakukan kegiatan yang sama seperti STRETCHING.

 
   Sebenarnya untuk melakukan semua kegiatan diatas hanya perlu waktu 40-60 menit saja kok^^. Setelah melakukan kegiatan diatas, tunggu sampai keringat kering dulu yaa, baru mandi. Jangan langsung tidur deh nanti panuan dan mengganggu penciuman orang disekitarmu :D Nah, selain melakukan kegiatan fisik di atas, agar tubuh juga sehat harus melakukan kegiatan seperti di bawah ini nih

 
1.       Makanan dan Nutrisi
Sering banget yaa dapet nasehat dari orang tua untuk jangan jajan sembarangan, jangan terlalu makan makanan yang berminyak dan junkfood/fastfood. Sebenernya itu emang kurang sehat. Kalau bisa dikurangin yaa. Kalau makanan favoritmu itu mengandung kalori yang sangat tinggi, cukup seminggu sekali aja yaa ^^. Kalau pagi jangan lupa sarapan yaa, karena sarapan mengurangi resiko perut buncit. Kalau makan juga harus dikunyah perlahan.
Nutrisi juga penting mulai dari daging segar, buah dan sayuran. Jangan lupa juga sama susu. Tapi kalo alergi susu mending jangan minum susu deh :D. 

2.       Atur Pola Makan
Kalo makan cukup 3 kali sehari aja yaa dengan porsi secukupnya.  Jangan kelebihan deh kalau gak mau berat badanmu naik. Kalau yang pengen aga gemukkan yaa silahkan :D Sebenarnya makan ini mulai dari sarapan-makan siang-makan malam. Sebenarnya waktu untuk makan malam itu tidak lewat dari jam 7 malam karena jika terlalu malam, bisa-bisa tambah gendut deh karena kalau sudah malam itu kita langsung beristirahat sehingga tidak ada kalori yang terbakar. Misalnya kalau olah raga malem2 malah lebih berbahaya lagi x_x
Untuk cemilan, pilihlah cemilan yang sehat dan tidak banyak lemak tau tidak terlalu manis. Kalo bisa roti gandum aja. Tapi ditambah selai yaa biar rasanya nggak tawar :D

3.       Istirahat yang cukup. Jangan Begadang
Siapa nih yang sering begadang? Kalo bisa hentikan saja kebiasaan buruk itu. Begadang gak jelas itu hanya mengurangi istirahat, meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan. Apalagi menyebabkan mata panda. Istirahat di malam hari cukup 6-7 jam saja, sedangkan di siang hari jangan lebih dari 1 jam yaa :D

4.       Air
Cairan yang keluar dari tubuh harus cepat digantikan dengan air. Jadi setelah melakukan kegiatan yang sangat melelahkan dan mengeluarkan banyak keringat disarankan minum air secukupnya. Saat baru bangun tidur (pagi2 nih ceritanya) sangat diwajibkan minum air setengah gelas dulu sebelum buang air kecil ^^

Nah, sekian tips dariku yaa. Kalo ada yang kurang, biarin aja deh, lagian tips ini dari pengalaman pribadi dan karena aku masih muda jadi pengalamanku belum terlalu banyak ditambah lagi aku udah cukup olahraga jari untuk mengetik tips ini. Semoga bermanfaat yaaa ^.^)/~

0 komentar:

Post a Comment

 

Fierce and Wild☺ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Ugg Boots Sale | web hosting